WAKTU MINUM AIR PUTIH YANG TIDAK BAIK

WAKTU MINUM AIR PUTIH YANG TIDAK BAIK


Di satu sisi, minum air putih adalah salah satu cara menjaga kesehatan. Di sisi lain, terlalu banyak mengonsumsi cairan  dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius. 

Untuk itu, baik untuk mengurangi asupan cairan yang berlebihan pada siang hari daripada terkena efek samping yang ditimbulkan karena minum berlebih.

Sebenarnya ada waktu tertentu di mana air putih bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini adalah waktu di mana minum air putih lebih baik dihindari:

  1. Tepat sebelum tidur


Alasan untuk menghindari minum air sebelum tidur adalah:

- Minum air sebelum tidur dapat menyebabkan tidur terganggu akan membuat kita buang air kecil di tengah malam.

- Ginjal bekerja lebih lambat pada malam hari dibandingkan dengan siang hari yang menyebabkan mungkin kita melihat beberapa pembengkakan wajah dan anggota badan di pagi hari. Minum air dapat meningkatkan gejala-gejala ini.

  1. Selama olahraga intens

Menurut para ilmuwan, asupan air yang berlebihan selama berolahraga dapat memiliki efek samping negatif.  Selama latihan intens, suhu tubuh seseorang meningkat yang menyebabkan tubuh panas. Minum terlalu banyak air untuk mendinginkan tubuh selama olahraga dapat menyebabkan penipisan elektrolit yang mungkin menyebabkan sakit kepala, mual atau pusing. Dokter menyarankan minum air hanya setelah olahraga.

  1. Jika urin tidak berwarna

Jika memiliki urin yang tidak berwarna, Anda mungkin minum terlalu banyak air di siang hari bahkan jika Anda tidak merasa haus.

Minum berlebihan ini dapat menyebabkan kadar natrium rendah yang mengakibatkan beberapa masalah kesehatan serius termasuk kemungkinan serangan jantung.

  1. Tepat sebelum, selama atau setelah makan

Minum sambil makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena mulut kita menghasilkan air liur dengan enzim yang sangat penting untuk proses pencernaan yang sehat. Minum selama makan menyebabkan penurunan air liur dan karena alasan itu, makanan yang tidak tercerna menumpuk di tubuh dan bisa menjadi beracun bahkan jika makan makanan sehat. 

  1. Minum air setelah makan pedas

Kita tidak boleh minum air setelah makan pedas karena sensasi terbakar yang disebabkan oleh molekul yang disebut capsaicin. Capsaicin merupakan molekul non-polar yang dapat dilarutkan hanya dalam zat non-polar lainnya seperti susu. Jika kita menghilangkan pedas dengan air yang terdiri dari molekul polar, itu akan memungkinkan capsaicin menyebar ke seluruh mulut dan tenggorokan yang hanya akan membuat situasi lebih buruk.

Tags: kesehatan, air putih, minum air